Pengertian, Jenis, Resiko Kolostomi lengkap

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Apakah yang dimaksud kolostomi itu ?

Kolostomi yaitu terjadinya pembuatan sebuah lubang di dindingnya abdomen dan hal ini berguna untuk mengeluarkan fases dan juga lubang ini dikenal dgn nama stoma, yang dimana stoma ini terhubung ke alat dan juga kantong kolostomi. 

kolostomi ini bisa bersifat sementara dan juga bisa bersifat permanen.


Jika anda mengalami suatu hambatan di usus besar anda dan rektum maka, anda perlu menjalani kolostomi karena kolostomi ini sangat di rekomendasikan untuk pasien - pasien yang mengalami masalah masalah kesehatan seperti yang telah saya jelaskan diatas dan juga kolostomi ini sangat diperlukan bila seseorang sedang menderita kondisi yang dimana kondisi ini, membuat anda tidak bisa mengeluarkan kotoran melalui jalur biasanya.


Pengertian, Jenis, Resiko Kolostomi lengkap


Ini biasanya terjadi akibat adanya pertumbuhan massa abnormal, seperti tumor jinak, tumor ganas dan juga infeksi seperti tuberkolosis.

Jika anda mempunyai penyakit, yang dimana penyakit ini mempengaruhi usus besar anda, seperti volvulus ataupun usus melilit ataupun jika anda mengalami trauma atau cedera di bagian usus maka, anda juga dapat menjalani perawatan dengan kolostomi.


Kolostomi ini juga sangat disarankan bagi penderita inkontinesia fases, apalagi bila ia telah mencoba semua plihan perawatan ataupun pengobatan, namun masih untuk mengatasinya.


Di beberapa kasus, kolostomi ternyata juga bisa dilakukan sebagai bagian dari prosedur bedah usus yang lebh luas, contohnya, pada saat pengangkatan usus besar akibat  kanker, dengan kita melakukan hal tersebut maka, lubang pada abdomen perlu di buat, ini berguna untuk mengeluarkan fases agar usus kita bisa beristirahat dan juga memulih kan dirinya sendiri.


Pengertian, Jenis, Resiko Kolostomi lengkap


Baca Juga : Lidokain


CARA KERJA KOLOSTOMI

Sebenarnya ada beberapa jenis kolostomi, tetapi pada prinsip dasarnya sama, yaitu untuk melubangi dinding abdomen, tetapi pada bagian usus yang ingin dikeluarkan melewati dinding abdomen ini, menggunakan tehnik yang berbeda beda jika ingin di keluarkan dan jenis kolostomi tersebut, anatara lain sebagai berikut :

#1. Kolostomi Loop

Kolostomi ini digunakan di dalam keadaan gawat darurat, yang dimana pada saat itu usus tersumbat sepenuhnya dan satu lingkaran usus ini akan di tarik keluar, kemudian di sayat dan di bagian yg terbuka itu akan dijahit ke kulit.

Kegiatan dengan tehnik ini biasanya hanya dilakukan untuk semnatara dan usus masih berada didalam bagian posterior.

#2. Kolostomi double barrel

Kolostomi ini biasa dilakukan setelah operasi reseksi usus dan ini berlawanan dngan kolostomi loop, yang dimana usus besar yang diputus dan dipasahkan, kemudian kedua ujungnya di keluarkan melalui lubang abdomen.

#3. Kolostomi ujung

Kegiatan ini dilakukan hanya di bagian ujung proksimal usus saja yang di keluarkan, sementara ujung lainnya ditutupi dgn kantong hartmann ataupun di angkat dgn abdominoperineal.




Baca Juga : meniskus



 RESIKO KOLOSTOMI DAN KEMUNGKINAN KOMPLIKASINYA

Berbagai macam kemungkinan komplikasi yang dapat muncul dari kegiatan kolostomi ini, apalagi hasilnya nanti perlu kita rawat dlm jangka waktu yang lama dan komplikasinya adalah sebagai berikut :


  • Terjadinya iritasi ringan pada kulit di sekitar bagian kolostomi, ini di karenakan adanya kontak  dengan fases.
  • Mulai berkembangnya hemia parastomal, terjadinya penonjolan pada isi perut yang                   berdampingan dgn saluran stoma, ini di karenakan melemahnya otot dinding perut dan dengan hal ini terjadi pada sekitar 25% pasien kolostomi.
  • Jaringan pada stoma mati, nekrosis atau mati jaringan ini merupakan tahap awal terjadinya komplikasi pada pasca oprasi dan ini terjadi karena kurangnya pasokan darah.

Demikianlah artikel tentang kolostomi ini, jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan di share ya ke sosmed teman teman.

Terima Kasih





ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pengertian, Jenis, Resiko Kolostomi lengkap"

Post a Comment