Pengertian, macam dan contoh meniskus lengkap

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Meniskus merupakan bentuk kelengkungan permukaan zat cair di dalam tabung. Didalam dunia fisika kita mengenal 2 macam meniskus yaitu meniskus cekung dan juga meniskus cembung.

meniskus cekung adalah zat cair yang terdapat di dalam tabung reaksi dan zat cair tersebut akan berbentuk cekung sedangkan meniskus cembung adalah zat cair yang terdapat di dalam tabung reaksi dan zat cair tersebut akan berbentuk cembung.


Baca Juga : Kinesiologi

contoh meniskus cekung yaitu pada saat air ataupun zat cair yang berada di dalam tabung reaksi maka di permukaannya akan berbentuk cekung dan juga air akan membasahi dinding kaca dari tabung reaksi tersebut. Kejadian meniskus cekung ini terjadi jika gaya kohesi itu lebih kecil dari pada adhesinya.

Pengertian, macam dan contoh meniskus lengkap
Pengertian, macam dan contoh meniskus lengkap


contoh meniskus cembung yaitu jika air raksa ataupun zat cair tersebut berada di dalam tabung reaksi maka permukaannya akan berbentuk cembung dan juga Air raksa tidak membasahi dinding kaca.

Kejadian meniskus cembung ini terjadi jika kohesi air raksa ataupun zat cair tersebut lebih besar dari adhesinya,  Jadi adhesi antara kaca tabung reaksi dengan air raksa ataupun zat cair tersebut lebih kecil dibandingkan dengan kohesi air raksanya.

Telah disebutkan diatas tentang adanya dua macam gaya yaitu kohesi dan adhesi dan sekarang saya akan menjelaskan pengertian dari dua macam gaya tersebut.

#1. Kohesi merupakan gaya tarik menarik diantara partikel yang sejenis dan juga kohesi ini dipengaruhi oleh jarak antara partikel dan juga kerapatan di dalam zat nya.

Gaya ini juga menyebabkan dua gaya tidak dapat menempel karena molekulnya saling menolak dan juga gaya kohesi ini bila dua zat kita campurkan maka tidak akan saling melekat.

contoh dari kejadian kohesi yaitu ketika kita mencampurkan air dan juga minyak maka ini tidak akan tercampur ( saling tolak menolak )


Baca Juga : Semua Informasi Tentang Lidokain Lengkap




Pengertian, macam dan contoh meniskus lengkap



#2. Adhesi merupakan gaya tarik antar dua partikel yang tidak sejenis, gaya ini akan menyebabkan dua zat akan saling tercampur ataupun melekat bila di campurkan.

contoh dari kejadian adhesi ini yaitu ketika kita mencampurkan antara air dan juga teh atau pun kopi, maka dua zat ini akan melekat ataupun tercampur dengan sempurna.



Demikianlah artikel tentang moniskus ini, lebih dan kurang nya mohon di maafkan dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka silahkan anda share ke media sosial yang anda miliki agar lebih banyak lagi orang yang medapatkan manfaatnya.

Terima kasih 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pengertian, macam dan contoh meniskus lengkap"

Post a Comment